BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 15 April 2010

ANGGOTA KELOMPOK


MEMBUAT BLOG'S
1.IMAM SAFI'I
2.EDI KASTURI
3.AGUNG FIRMANSYAH
4.PRAYETNO
5.MUH ALIB
6.MUHAMMAD IMADUDIN
7.SITI KOLIPAH
8.LINA LAILI.N

Minggu, 11 April 2010

foto santri & ustadnya

santri buka bersama dengan ustadnya

Jumat, 09 April 2010

foto santri & ustadnya

Rabu, 07 April 2010

kepala sekolah & para siswa kelas XII


kepala sekolah¶ siswa kelas XII


foto anggota kelompok&kepala sekolah


sok eksen ae

siswa sedang belajar kelompok


belajar kelompok

KOLAM IKAN SMA MUH 2 GEGER

ANGGOTA KELOMPOK

ANGGOTA KELOMPOK MEMBUAT BLOG'S
1.IMAM SAFI'I
2.EDI KASTURI
3.AGUNG FIRMANSYAH
4.PRAYETNO
5.MUH ALIB
6.MUHAMMAD IMADUDIN
7.SITI KOLIPAH
8.LINA LAILI.N

PENDAHULUAN&LATAR BELAKANG

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Muhammadiyah adalah Gerakan Islam dan Dakwah Amar Makruf Nahi Munkar, berasas Islam, bersumber pada Al-quran dan As-Sunah, salah satu amal usaha yang mendapat kepercayaan masyarakat adalah pendidikan. SMA Muhammadiyah 2 Madiun salah satunya. Barang siapa yang lebih baik dari hari kemarin, dialah yang beruntung (Hadits Nabi) Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP No. 28 dan 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya, SMA Muhammadiyah 2 Madiun sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar sekolah.

Dalam dokumen ini dipaparkan tentang Kurikulum SMA Muhammadiyah 2 Madiun, yang secara keseluruhan mencakup:

1. struktur dan muatan kurikulum;

2. beban belajar peserta didik;

3. kalender pendidikan;

4. silabus, dan

5. rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).


I. PROGRAM SEKOLAH

A. VISI dan MISI

Mensikapi perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi dan tidak mengesampingkan semangat amar makruf nahi munkar; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan anak, memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Muhammadiyah 2 Madiun memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi sekolah berikut:

VISI SMA Muhammadiyah 2 Madiun

Peningkatan Prestasi Siswa Berwawasan pada Imtag dan Iptek

Indikator :

1. Berprestasi dalam bidang keagamaan

2. Berprestasi dalam kedisiplinan

3. Berprestasi dalam bidang akademis

4. Berprestasi dalam pengoperasian komputer

5. Berprestasi dalam olah raga

6. Berprestasi dalam bidang seni

Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekikinian, sesuai dengan norma dan harapan masayarakat.

Untuk mewujudkannya, Sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut:

MISI SMA Muhammadiyah 2 Madiun

1. Membentuk siswa yang beriman, berbudi pekerti luhur dan menjunjung tinggi hak asasi maanusia

2. Membentuk siswa yang berilmu pengetahuan dan dapat mengamalkan hingga berguna bagi dirinya, masyarakat, nusa dan bangsa

3. Membekali siswa dengan berbagai ketrampilan untuk pengembangan potensi


B. Tujuan Sekolah & standar kompetensi lulusan

B.
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, meningkatkan keimanan siswa, menekan pelanggaran disiplin dan ketertiban di sekolah, meningkatkan ketrampilan pengoperasian komputer, meningkatkan kegiatan extra kurikuler, terpenuhinya pengembangan kurikulum sekolah..

C. Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP sebagai berikut ini.
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran Islam dan agama yang dianut (non muslim) sesuai dengan perkembangan remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi

Sasaran Program Sekolah

Kepala Sekolah dan Para Guru serta dengan persetujuan Komite Sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah


SASARAN PROGRAM 1 TAHUN ( 2006 / 2007 )
(Program Jangka Pendek)
1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 90%.
2. Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir 4,5
3. 10 % lulusan melanjutkan di PTN maupun di PTS, baik melalui jalur Biasiswa maupun UMPTN.
4. 40% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
5. Memiliki ekstra kurikuler unggulan (Tapak Suci & Olah Raga Bola voli, Seni Baca Al-Quran )
6. 25 % peserta didik dapat pasif/aktif berbahasa Inggris.
7. 50 % peserta didik dapat mengoperasikan program Ms Word dan Ms Excel
8. 20 % Peserta didik mampu mengembangkan budidaya tanaman sayuran, buah dan hias


SASARAN PROGRAM 4 TAHUN ( 2006 / 2010 )
(Program Jangka Menengah)
1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 92%.
2. Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 6,0
3. 20 % lulusan melanjutkan di PTN maupun PTS, baik melalui jalur biasiswa maupun UMPTN
4. 70% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
5. Extra kurikuler unggulan dapat menjuarai tingkat kabupaten
6. 25 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.
7. 70 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer (Microsoft Word , Excel, Power point dan Internet).
8. 30 % Peserta didik mampu mengembangkan budidaya tanaman sayur, buah dan hias


SASARAN PROGRAM 8 TAHUN ( 2006 / 2014 )
(Program Jangka Panjang)
1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 94 %.
2. Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 6,5
3. 35% lulusan dapat melanjutkan di PTN maupun PTS baik melalui jalur UMPTN maupun biasiswa.
4. 75% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
5. Ekstrakurikuler unggulan dapat meraih prestasi tinggapropinsi
6. 50 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.
7. 80 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer (Microsoft Word, Excel, Power point dan Internet).
8. 40 % Peserta didik mampu mengembangkan budidaya tanaman sayur, buah dan hias



Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:

1. Mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan;
2. Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu;
3. Melakukan kerjasama dengan pihak kabupaten, perusahaan yang ada dan masyarakat di wilayah Kebupaten Madiun. Contoh kerjasama dengan pabrik gula Pagottan dan masyarakat lingkungan sekolah untuk pembiayaan bagi peserta didik kurang mampu;
4. Mengadakan Tadarusan menjelang pelajaran dimulai, setiap jumat pagi dan pengajian sebagai penyegaran rohani. Setiap satu bulan sekali juga mengadakan pengajian hari Sabtu malam Minggu jam 19.30 WIB sampai jam 21.00 WIB;
5. Mengadakan kerjasama dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Jawa untuk mendapatkan biasiswa bagi peserta didik yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah secara gratis sampai lulus, ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2003;
6. Perbaikan perpustakaan;
7. Pengadaan buku penunjang;
8. Pengadaan komputer;
9. Membentuk kelompok belajar;
10. Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua;
11. Pelaporan kepada orang secara berkala;

II. PROFIL DAN POTENSI SEKOLAH

A. Lingkungan Sekolah
SMA Muhammadiyah 2 Madiun terletak di Desa Uteran Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, tepatnya di sebelah selatan TPK Perhutani Pagotan dan dekat PG. Pagottan. SMA Muhammadiyah 2 Madiun berdekatan dengan Panti Asuhan Muhammadiyah, berdekatan pula dengan Pasar Pagotan. Dari Kecamatan Geger berjarak satu kilo meter, dengan Kabupaten Madiun berjarak 10 km. Dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun berjarak 14 km. SMA Muhammadiyah 2 Madiun termasuk salah satu SMA Swasta dari tiga SMA Swasta se-Kabupaten Madiun.
Lingkungan SMA Muhammadiyah 2 Madiun sejuk dan asri dilengkapi sarana penunjang diantaranya lapangan bola basket, lapangan bola voli dan lapangan bulu tangkis, serta Masjid AL-AMIN yang cukup megah sebagai kegiatan kerohanian bagi siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Madiun dan masyarakat sekitar.
Di Desa Uteran Lembaga Pendidikan Muhammadiyah juga memiliki Play Group dan TK yang cukup maju dan mempuyai anak didik masing-masing dua kelas.
B. Keadaan Sekolah
1. Sarana dan Prasarana.
Tanah dan Halaman
Tanah sekolah sepenuhnya milik Yayasan Muhammadiyah. Luas tanah seluruhnya 2.500 m2. Sekitar sekolah dikelilingi oleh pagar dan perumahan

Keadaan Tanah Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Madiun
Status : Milik Muhammadiyah
Luas Tanah : 2.500 m2
Luas Bangunan : 294 m2
Halaman : 432 m2
Lapangan Olah Raga : 1.296 m2
Kebun : 304 m2

2. Anggaran Sekolah.
Anggaran sekolah berasal dari dana bantuan pemerintah dan dari dana yang dihimpun dari orang tua peserta didik. Setiap peserta didik dikenai biaya Rp. 35.000,- per bulan, serta sumbangan masyarakat yang sifatnya tidak mengikat dan tidak rutin.
Dana yang terhimpun diperuntukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan intrakurikuler serta ekstrakurikuler, juga untuk memenuhi kelengkapan sarana belajar peserta didik dan honor penyelenggara pendidikan walau nominalnya sangat kurang, tetapi dengan semangat keikhlasan kami terus berjuang.

C. Personil Sekolah

NAMA PERIODE TUGAS
1. Sumantri, BA Tahun 1978 s/d 1980
2. Muhsin, BA Tahun 1980 s/d 1981
3. Suwartin, BA Tahun 1981 s/d 1983
4. Ahmad Zainuri, BA. Tahun 1983 s/d 1985
5. Turmudji, BA Tahun 1985 s/d 1988
6. Hasyim Hidayat, BA Tahun 1988 s/d 1992
7. Ahmad Dimyati, BA Tahun 1992 s/d 1995
8. Nur mahfudi, BA Tahun 1995 s/d 1998
9. Drs, Ahmad Zainuri Tahun 1998 s/d 2000.
10. Drs. Budi Utomo Tahun 2000 s/d Januari 2006
11. Suwandi, SP. Tahun 2006 - sekarang

Jumlah seluruh personil sekolah ada sebanyak 17 orang, terdiri atas guru 14 orang, karyawan tata usaha 2 orang, dan penjaga/pesuruh 1 orang.

Keadaan Personil Sekolah
NO NAMA JABATAN STATUS
1 S u w a n d i, SP. Kepala Sekolah GTY
2 Drs. Budi Utomo Guru Pend. Seni GTY
3 Turmudji, BA. Guru PKN PNS
4 Tjatur Arimurti, BA. Wakasek/Guru Ekonomi PNS
5 Nur Chasan Guru Geografi/KMD GTY
6 Dra. Widji Lestari Guru Bahasa Indonesia GTY
7 Dwi Ratna Kusumawati S.Ag Guru PAI/Bahasa Arab GTY
8 Bambang Sulistyono S.Si Guru Kimia/ TI GTY
9 Suwandi Guru Biologi GTY
10 Murtini, S.Pd Guru Sejarah GTY
11 Nur Hidayat Arifah, S.Pd Guru Sosiologi GTY
12 Agung Kurniawan, S.Pd Guru Bahasa Inggris GTY
13 Bani Sa’ban A, S.Pd Guru Matematika/Penjas GB
14 Setiyana, S.Pd Guru Fisika/ Mandarin GB
15 Eni Damaryanti Karyawan TU PTY
16 Romadon Karyawan TU PTY
17 Trianto Penjaga PTY

Dari sejumlah guru, dua guru yang berstatus guru PNS, dua berstatus Guru Bantu. Sisanya Guru Yayasan dan Pegawai Tetap Yayasan.

ekstrakurikuler bela diri tapak suci

ekstrakulikuler tapak suci kab.madiun