BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 07 April 2010

PENDAHULUAN&LATAR BELAKANG

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Muhammadiyah adalah Gerakan Islam dan Dakwah Amar Makruf Nahi Munkar, berasas Islam, bersumber pada Al-quran dan As-Sunah, salah satu amal usaha yang mendapat kepercayaan masyarakat adalah pendidikan. SMA Muhammadiyah 2 Madiun salah satunya. Barang siapa yang lebih baik dari hari kemarin, dialah yang beruntung (Hadits Nabi) Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP No. 28 dan 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya, SMA Muhammadiyah 2 Madiun sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar sekolah.

Dalam dokumen ini dipaparkan tentang Kurikulum SMA Muhammadiyah 2 Madiun, yang secara keseluruhan mencakup:

1. struktur dan muatan kurikulum;

2. beban belajar peserta didik;

3. kalender pendidikan;

4. silabus, dan

5. rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).


0 komentar: